abiyoso

Tokoh wayang paling sakti

Kalo ditanya mengenai tokoh wayang paling sakti, kebanyakan orang akan langsung menjawab parbu kresno.. karena dia titisan dewa wisnu, dalang dibalik perang agung baroto yudo. tapi ingat, dalam cerita babat alas kurusetro, prabu kresno pas bertarung melawan sadewo sang diplomat pandawa malah kalah. ya karna pada saat itu, prabu kresno berada di pihak yang salah. membantu anaknya dalam melakukan kecurangan terhadap gatot kaca

abiyoso

ato para punokawan – sekelompok rakyat kecil yang mengabdi kepada keluarga kerajaan tanah jawa termasuk generasi pandawa.

diceritakan, saat si petruk menyamar menjadi raja wel keduwel beh, hampir semua raja yang ada tidak dapat mengalahkannya. hanya saudaranya sesama punokawan yang bisa mengalahkannya.. yaitu bagong.

diceritakan pula saat si gareng menyamar menjadi ratu, hampir semua raja yang ada tak bisa mengalahkannya. hanya si bagong lagi yang bisa mengalahkannya..

kemudian, akhirnya, si bagong menyamar menjadi batara guru – sang penguasa langit dan bumi. semua raja dan dewa tak bisa mengalahkannya. hanya karena wibawa nasehat semar saja yang membuatnya berubah kembali menjadi seorang bagong sang punokawan.

bagaimana jika semar..? semar ini sebenarnya bukan tipe petarung yang dapat dikelompokkan menjadi para ksatria dan raja dan jagoan lainnya. jadi mungkin ini yang dianggap paling sakti diantara tokoh-tokoh wayang. tapi ingat, semar pernah dikalahkan dan dibunuh oleh raja dari negeri sebrang walaupun pada akhirnya dapat dihidupkan kembali(lupa dalam cerita apa).

tradisi wayang jawa – barang siapa berada dalam posisi salah, entah siapapun itu orangnya pasti akan kalah ketika bertarung melawan seseorang yang berapa dalam posisi benar entah siapapun itu orangnya –

Becik ketitik, Olo Ketoro – bukan Olo rupamu… mesak ke.

Diterbitkan oleh

sahrulsaleh

akulah seseorang yang sedang mencari seseorang.

2 tanggapan untuk “Tokoh wayang paling sakti”

    1. hhhh terlalu bodoh njenengan mas. ap yg di rubah dari islam mas??? apakh islam harus arab mas??? wah jdi orang jngn picik kbanyakan arab sih jdi ktularan abu jahal. krna knjeng nabi pun tidak pernah mengajarkan menuduh secara mentah. klo emng ada perubahan lihat isinya jngn mau di bodohi sama wahabi dan antek2 nya yg ngaku dari arab yg pling bner mas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s