yahudi, nasrani, dan islam

Jika merunut ke 3 agama dunia saat ini (islam, kristen, yahudi), semua akan bermuara pada satu orang. Yaitu nabi Ibrahim/bapa Abraham. Dia memeluk agama yang lurus/khanif. Yaitu hanya menyembah satu tuhan saja, Tuhan semesta alam yang menciptakan, sekaligus memelihara alam semesta ini.

islam

Islam

Secara garis besar, Abraham memiliki 2 anak. Pertama ismail yang merupakan nenek moyang bangsa arab sekarang. Di kemudian waktu, lahir dari bangsa ini nabi Muhammad yang mengistilahkan agama Alloh ini dengan nama Islam.

Yahudi

Anak keduanya adalah Ishaq. Selanjutnya Ishaq mempunyai anak bernama Ya’kub. Nah nabi Ya’kub ini memiliki 12 anak yang kemudian waktu seluruhnya menjadi bangsa Israel. Israel sendiri adalah sebutan Ya’kub. Bangsa israel ini terbagi atas 12 suku  sesuai dengan jumlah 12 anak Ya’kub.

Bangsa Israel ini secara eksklusif selalu melahirkan nabi – nabi Alloh untuk kembali meluruskan perilaku bangsa Israel ketika menyimpang dari Tauhid. Tauhid nenek moyang mereka Ibrahin, Ishak, dan Ya’kub. Mulai dari nabi Musa hingga nabi Isa. Mulai dari Taurot, Zabur, hingga Injil.

Pada masa nabi Isa ini mereka tidak mau mengakui jika Isa itu nabi. Dan seperti adat kebiasaannya, para nabi selalu mereka celakakan termasuk nabi Isa ini. Singkat cerita, nabi Isa diselamatkan Alloh, diangkat di sisinya.

Nasrani

Nabi Isa ini memiliki 12 murid yang sangat taat kepadanya dan terus mengabarkan Injil. Kitab Alloh yang disampaikan kepada Nabi Isa. Kemudian muncullah seseorang yang bernama Paulus yang mendoktrin bahwa Isa sebagai Tuhan. Roh tuhan yang turun ke bumi dalam bentuk manusia yang dengan tugas utamanya menebus dosa asal manusia.

Diterbitkan oleh

sahrulsaleh

akulah seseorang yang sedang mencari seseorang.

Tinggalkan komentar